Kemensos Bantu Rehabilitasi 340 Rumah di Kalteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Agustus 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kementerian Sosial Republik Indonesia akan membantu merehabilitasi 340 rumah tidak layak huni di Kalimantan Tengah. Ini tidak lepas dari upaya Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mengusulkan bantuan tersebut.

Sekretaris Dinsos Kalteng, Budi Santoso mengatakan, 340 rumah yang disampaikan itu berdasarkan basis data terpadu atau BDT kemiskinan di kabupaten maupun kota. Ini juga bagian dari upaya menanggulangi angka kemiskinan di Kalteng.

Budi menuturkan, kriteria penerima adalah fakir miskin yang terdata dalam data terpadu program penanganan fakir miskin. Kemudian belum pernah mendapat bantuan reahbilitasi sosial rumah tidak layak huni atau Rutilahu.

Syarat terakhir yakni memiliki rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat maupun surat keterangan kepemilikan dari camat selaku pejabat pembuat akta tanah.

“Ini dari Kemensos dengan anggaran APBN. Pelaksanaannya nanti antara Septermber, Oktober dan November,” ungkapnya.

Budi menambahkan, bantuan rehabilitas tersebut diserahkan dalam bentuk uang yang ditransfer langsung ke rekening penerima. Masing-masing rumah menerima sebesar Rp 15 juta. Dana tersebut harus benar-benar digunakan sesuai peruntukannya.

“Nanti juga akan ada tim pemantau dari kabupaten. Jadi harus benar-benar digunakan untuk merehabilitasi rumah,” tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-5) 

 

Berita Terbaru