Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Terbanyak Terima Bantuan Rehabilitasi Rumah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Agustus 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni atau rutilahu dari Kementerian Sosial lebih banyak diberikan di Kabupaten Kapuas. Yakni sebanyak 100 unit dari total 340 unit rumah yang menerima bantuan.

Urutan terbanyak kedua yakni Kabupaten Kotawaringin Barat dan Lamandau. Masing-masing 70 rumah. Berikutnya, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Murung Raya masing-masing 50 rumah.

Bantuan dari Kemensos tersebut tidak lepas dari upaya Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mengajukan usulan.

Sekretaris Dinsos Kalteng, Budi Santoso mengatakan, 340 rumah penerima bantuan berdasarkan basis data terpadu atau BDT kemiskinan di daerah. Ini juga bagian dari upaya menanggulangi angka kemiskinan di Kalteng.

Kriteria penerima adalah fakir miskin yang terdata dalam data terpadu program penanganan fakir miskin. Kemudian belum pernah mendapat bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni.

Syarat terakhir yakni memiliki rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat maupun surat keterangan kepemilikan dari camat selaku pejabat pembuat akta tanah.

Budi menambahkan, bantuan rehabilitas tersebut diserahkan dalam bentuk uang yang ditransfer langsung ke rekening penerima. Dimulai pada September, Oktober sampai dengan November 2019. Masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 15 juta.

Dana tersebut harus benar-benar digunakan sesuai peruntukannya. “Nanti juga akan tim pemantau dari kabupaten. Jadi harus benar-benar digunakan untuk merehabilitasi rumah,” tutur Budi. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru