Tahap Feasibility Study Pelabuhan Pantai Lunci Terima Kucuran Dana Rp 600 Juta

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Agustus 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukamara, Arif Rahman Hakim mengatakan, dalam tahap awal rencana pembangunan pelabuhan di Pantai Lunci, pemerintah daerah mendapat dana Rp 600 juta.

"Dalam tahap awal rencana pembangunan pelabuhan ini, pemerintah daerah mendapat bantuan dana sebesar Rp 600 juta," ucap Arif Rahman Hakim, Selasa, 27 Agustus 2019.

Menurut Rahman, dana tersebut digunakan untuk tahap awal Feasibility Study (FS) sebagai analisa awal terkait penetapan lokasi lahan dan kawasan strategis yang akan digunakan untuk membangun pelabuhan.

"Untuk tahun 2020 mendatang kita kembali mendapatkan bantuan dana kembali sebesar RP 1,1 Miliar untuk study kelayakan," ujar Rahman. 

Sementara itu, Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan, bahwa pelabuhan barang dan penumpang berencana akan di bangun di Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara.

"Lokasi terkuat sementara saat ini untuk pembangunan pelabuhan ada di daerah Sungai Damar," kata Windu Subagio.

Windu melanjutkan, pembangunan pelabuhan memang dimaksutkan untuk meningkatkan berbagai sektor yang ada di Bumi Gawi Barinjam, salah satunya adalah meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

"Mudah-mudahan kajian yang dilakukan hasilnya memang layak dan bisa kita wujudkan, kalaupun tidak pelabuhan besar, tapi adalah pelabuhan di Sukamara," harapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru