Setelah Studi Kelayanan Lokasi Pelabuhan Baru Diketahui

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Agustus 2019 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukamara Arif Rahman Hakim mengatakan, setelah melakukan studi kelayakan maka titik lokasi pembangunan pelabuhan akan diketahui.

"Tahun depan untuk studi kelayakan akan dilakukan, dengan bantuan dana dari pusat sebesar Rp 1,1 miliar," ucap Arif Rahman Hakim, Selasa, 27 Agustus 2019.

"Setelah studi kelayakan, sudah diketahui bawa titiknya itu di mana. Setelah diketahui titiknya, maka tahapan naik lagi ke Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN), setelah itu baru keluar Survei Investigasi Design (SID) dan Detail Engineering Design(DID)- nya," ujar Rahman.

Rahman berharap, agar setiap proses yang dilaksanakan bisa dilakukan dengan baik, sehingga tapan-tahapan proses pembangunan pelabuhan bisa terlaksana sesuai harapan.

"Mudah-mudahan di tahun depan, MS, RIPN, SID dan DID nya bisa selesai," harapnya.

Sementara itu, Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan, bahwa pihaknya optimis rencana pembangunan pelabuhan barang dan penumpang di Kecamatan Pantai Lunci akan terlaksana.

"Kita optimis tahapan pembangunan pelabuhan ini bisa dilewati sehinga rencana pembangunan pelabuhan bisa dilaksanakan secepatnya, mengingat kebutuhan yang terus meningkat," kata Windu Subagio.

Menurut Windu, pembangunan pelabuhan diwilayah pesisir dapat menjawab semua tantangan dalam percepatan pembangunan serta kemajuan ekonomi di Bumi Gawi Barinjam.

"Apabila pelabuhan ini dibangun, diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap percepatan pergerakan ekonomi di Kabupaten Sukamara," terang Windu. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru