DPRD: Pemkab Barito Timur Perlu Terobosan Baru untuk Kelola Sampah

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 28 Agustus 2019 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang -  Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, Wahyudinnoor mendorong pemerintah daerah membuat terobosan baru dalam pengelolaan sampah, karane sampai saat ini masih banyak yang perlu diperbaiki.

"Pemda perlu terobosan baru dalam melakukan penanganan sampah yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan, baik terobosan maupun rencana dalam mengurangi adanya penumpukan sampah," ucapnya, Rabu 28 Agustus 2019.

Dia mencontohkan di daerah Ampah Kota, Kecamatan Dusun Timur sampai saat ini penumpukan sampah belum bisa terselesaikan dengan baik.

Pasalnya setiap hari di pinggir jalan masih banyak tumpukan sampah berasal dari pasar maupun sampah rumahan, sehingga mengeluarkan bau tidak sedap.

"Selain itu akibat penumpukan sampah yang lambat diangkut oleh petugas kebersihan, juga mengakibatkan sampah yang berhamburan sampai ke badan jalan," ujarnya.

Untuk itu dirinya memberi saran agar tidak terjadinya penumpukan sampah di satu titik di pinggir jalan agar dibuat pos disetiap wilayah maupun setiap komplek perumahan maupun sampah dari pasar.

"Petugas kebersihan dan alat angkutan juga bisa di tambah supaya setiap hari sampah bisa terangkut dalam sehari," pungkasnya. (PRASOJO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru