BUMD Harus Perhatikan Sektor Perkebunan

  • Oleh Naco
  • 28 Agustus 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, H Abdul Kadir mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kotim ini memperhatikan usaha disektor perkebunan. Salah satunya dengan membangun pabrik pengolahan buah kelapa sawit.

Menurut dia salah satu usaha yang sangat besar dampaknya yaitu pembuatan pabrik kelapa sawit. Di mana dengan adanya pabrik itu bisa menampung buah hasil milik masyarakat.

"Dengan begitu pemerintah bisa mendampatklan untung dan itu menjadi pendapatan asli daerah (PAD) dan masyarakat bisa sejahtera," kata Kadir, Rabu, 28 Agustus 2019.

Saat ini, kata Kadir hasil perkebunan sawit milik masyarakat cenderung di jual ke pabrik milik investor. Sehingga di situ permainan harga sangat rentan terjadi. 

"Namun dengan adanya BUMD milik pemerintah maka bisa terjamin harga yang baik kepada masyarakat," tegasnya.

Selama daerah kata dia selalu berkutat untuk urusan kecil untuk mendongkrak PAD Kotim, dengn BUMD harus dilakukan terobosan dengan pembangunan pabrik kelapa sawit.

"Saya rasa tidak sulit, usaha milik pemerintah dan pemerintah juga yang berikan izin, jadi saya rasa gampang," tandasnya.

Sementara itu, kata dia lahan-lahan milik masyarakat itu bisa dibentuk melalui koperasi. Mereka dikoordinasi sehingga buah-buah mereka itu dikelola koperasi dan di pasok  ke pabrik milik pemerintah daerah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru