Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Gelar Lomba Tradisional Meriahkan HUT RI

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Agustus 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sejumlah lomba tradisional guna memeriahkan hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan lomba mangaruhi atau malutu. Ini adalah kebiasaan masyarakat adat dalam menangkap ikan di air yang dangkal yaitu hanya dengan tangan, tanpa alat. Ini kita jadikan lomba," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Talajan di sela menyaksikan para peserta berebut menangkap ikan di air keruh, Rabu, 28 Agustus 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui UPT Museum Balanga Palangka Raya ini selain menjadi kegiatan rutin setiap tahun, juga sebagai rangkaian memeriahkan peringatan HUT ke-74 RI.

"Ini sekaligus masih dalam rangka Agustusan, Hari Kemerdekaan kita," tuturnya.

Sejauh ini, menurut Guntur, lomba mangaruhi atau malutu yang merupakan kearifan lokal masyarakat Kalteng mendapat perhatian dari pemerintah pusat, terutama melalui Kementerian Pariwisata.

"Ini mendapat perhatian kementerian sehingga diharapkan lomba mangaruhi ini bisa sering digelar sebagai upaya mempertahankan dan melestarikan nilai seni budaya dan kearifaan lokal serta mampu menjadi wisata budaya mangaruhi," harapnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru