Tim Gabungan Masih Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Agustus 2019 - 10:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Tim gabungan pemadam kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Katingan masih melakukan patroli. Meski hujan sudah beberapa kali mengguyur daerah ini.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Tagana, TNI, Polri dan Satpol PP melakukan patroli karhutla di sejumlah titik.

"Kita patroli masih jalan terus, terutama di wilayah yang sebelumnya terjadi karhutla," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Katingan, Sahembung, Kamis, 29 Agustus 2019.

Menurutnya, tim gabungan yang dibentuk saat ini bakal bertugas hingga 31 Agustus 2019 besok, untuk tahap pertama.

Jika situasi dan kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Katingan terus diguyur hujan, maka tim terpadu pemadam kebakaran hutan dan lahan ini tidak diperpanjang alias dibubarkan.

Akan tetapi jika dalam beberapa hari ke depan cuaca kembali panas dan terpantau titik api, maka tim terpadu tahap dua bakal dilanjutkan.

"Mengenai kelanjutan tim terpadu ini, kami menunggu hasil rapat koordinasi. Apakah akan dilanjutkan atau tidak sambil melihat situasi kondisi cuaca," kata Sahembung.

Dari pantauan pihaknya dan laporan para camat yang ada, sejak beberapa hari ini wilayah Kabupaten Katingan nihil titik api.

"Hujan yang beberapa kali mengguyur sejumlah wilayah di Katingan sangat membantu proses pemadaman karhutla ini," imbuh Sahembung.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru