Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Harapkan Alur Sungai Mentaya Dibuat 2 Jalur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini kondisi alur Sungai Mentaya hanya bisa satu jalur saja, sehinga Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengharapkan kedepan jalur sungai bisa dibuat dua jalur agar waktu tunggu bisa dipersingkat nantinya.

"Kami sangat berharap agar alur Sungai Mentaya ini bisa dibuat dua jalur, sehingga tidak lagi kapal menunggu antrian untuk masuk ke pelabuhan yang ada di sepanjang Sungai Mentaya," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri pada kegiatan pertemuan pemerintah kabupaten dan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) dengan para pengguna alur Sungai Mentaya, Kamis, 29 Agustus 2019. 

Saat ini ABUPI Koordinator Wialayah Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan studi kelayakan pendalaman dan pengelolaan serta peningkatan fasilitas alur pelayaran Sungai Mentaya.

Karena kondisis sekarang ini, alurnya sudah kurang memenuhi kedalaman yang dibutuhkan untuk menunjang pelabuhan-pelabuhan yang ada. 

Hal itupun sangat didukung oleh pemerintah daerah. Karena akan membantu atau meningkatkan hilir mudik kapal barang maupun penumpang yang akan datang ke daerah ini. 

"Tentu hal ini patutut didukung, dengan harapan studi kelayakan yang dilaksanakan nantinya bisa berhasil dan disepakati bersama," katanya. 

Dengan harapan nantinya akan terwujud adanya revitalisasi alur Sungai Mentaya, sehingga tidak ada lagi kapal harus antre dan melabuh jangkar di muara sungai karena menunggu air pasang. 

"Kalau hal itu terwujud, maka akan mendukung kelancaran arus barang dan angkitan orang. Serta menumbuhkan perekonomian yang bagus untuk daerah ini," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru