Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Lima Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan

  • Oleh Ramadani
  • 29 Agustus 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Berdasarkan program Decade of Action for Road Safety 2011-2020 atau dekade aksi keselamatan jalan, disebutkan ada lima pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK).

Decade of Action for Road Safety 2011-2020 dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan tujuan mengurangi korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pada 2020 hingga 50 persen.

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar yang membacakan amanat Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Ilham Salahudin, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang, Kamis, 29 Agustus 2019, menjelaskan lima pilar tersebut.

Lima pilar itu yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan korban pascakecelakaan.

Selain itu, kata Kapolres, program Nawacita Presiden Republik Indonesia adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa. Dari salah satu Nawacita Presiden Republik Indonesia ini dijabarkan dengan 11 program prioritas Kapolri yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). 

Program ke-11 yaitu quick wins Polri di dalam pelaksanaan tugas kepolisian diimplementasikan dengan kehadiran anggota Polri di tengah-tengah masyarakat. Maksudnya, polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan,” kata AKBP Dostan. 

Keselamatan, kata dia, memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa, dan cermin tingkat modernitas.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru