Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Siap Jadi Wilayah Penyangga Ibu Kota Negara

  • Oleh Ramadani
  • 29 Agustus 2019 - 17:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kabupaten Barito Utara menyatakan diri siap menjadi wilayah penyangga ibu kota negara bila nanti resmi dipindah ke Provinsi Kalimantan Timur.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Barito Utara Nadalsyah menanggapi rencana Pemerintah Provinsi Kalteng yang akan menjadi daerah penyangga ibu kota negara. 

Bupati Nadalsyah, Kamis, 29 Agustus 2019, menyatakan bahwa Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur. Kawasan yang masuk perbatasan yakni Desa Benangin di Kecamatan Teweh Timur. 

Ia menuturkan, berdasarkan pandangannya, Desa Benangin cocok untuk wilayah ketahanan pangan. Untuk itu, Bupati yang biasa disapa H Koyem ini memiliki rancangan pembangunan berupa peningkatan infrastruktur jalan di Desa Benangin. 

“Kalau memiliki jalan alternatif menuju Kaltim melalui Desa Benangin, kita dapat memangkas jalan sepanjang 100 km bila dibandingkan dengan kita memutar melalui Kabupaten Barito Selatan menuju ke Kabupaten Tanjung, Kalimantan Selatan. Tentunya ini akan menghemat tenaga dan BBM warga yang menuju ibu kota negara,” kata Koyem.

Ia berkeyakinan, Barito Utara mampu menjadi wilayah Kalteng yang menyangga ibu kota negara. Pasalnya, Barito Utara memiliki sumber daya alam yang memadai dan sumber tenaga dari gas alam di Desa Bangkanai. Gas alam itu bisa untuk pemenuhan listrik. 

“Untuk wilayah ketahanan pangan, kami kuat. Padi dan jagung kami sudah memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Intinya kami siap untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi guna pembangunan Kalteng menyangga ibu kota negara,” pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru