Ormas dan LSM Sarana Masyarakat Salurkan Pendapat

  • Oleh Ramadani
  • 29 Agustus 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Organisasi masyarakat (ormas) merupakan sarana untuk menyalurkan pendapat dan pikirian bagi warga negara.

Ormas mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan keikutsertaan secara aktif untuk mewujudkan masyarakat pancasila berdasarkan UUD 1945.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Utara Langkap Umar pada Sosialisasi Pembinaan Ormas dan LSM di aula Kecamatan Teweh Tengah, Kamis, 29 Agustus 2019.

Langkap mengatakan, berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, disebutkan bahwa ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk demi kepentingan, kegiatan, dan tujuan berpartisipasi dalam pembangunan guna tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan pancasila.

Mengingat pentingnya peranan ormas dan sejalan dengan usaha pemantapan penghayatan pengamalan pancasila, maka organisasi masyarakat perlu menjadikan pancasila sebagai satu-satunya azas.

Dijelaskannya, ormas di kalangan masyarakat telah tumbuh dan berkembang. Salah satunya berupa lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang dibentuk oleh masyarakat, warga negara, secara sukarela atas kehendak sendiri serta peduli di bidang kegiatan tertentu.

“Hal ini ditetapkan oleh organisasi atau lembaga sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan. Dengan demikian LSM sebagai salah satu wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan sesuai dengan bidang, profesi, dan fungsi yang diminta oleh lembaga yang bersangkutan,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru