Ormas dan LSM Diharapkan Berjalan Sesuai Fungsinya

  • Oleh Ramadani
  • 29 Agustus 2019 - 23:08 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Langkap Umar mengharapkan kepada Oraganisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berjalan sesuai dengan fungsinya. Fungsi Ormas dan LSM yaitu sebagai wadah penyalur kegiatan sesuai kepentingan anggotanya. 

Sebagai wadah pembinaan dan pengembangan anggota dalam usaha mewujudkan tujuan terbentuknya organisasi itu. 

“Sebagai wadah peran serta dalam usaha mensukseskan pembangunan nasional dan daerah,” kata Langkap Umar pada kegiatan sosialisasi pembinaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Barito Utara, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Kamis 29 Agustus 2019.

Langkap Umar juga mengatakan, berdasarkan intruksi Mendagri nomor 8 tahun 1990 tentang pembinaan LSM memberikan arahan kepada pemerintah daerah provinsi maupun pemda kabupaten/kota di seluruh Indoensia untuk melakukan inventarisasi.

“Pembinaan terhadap LSM agar dapat mengembangkan diri serta mengadakan koordinasi dengan instansi terkait dalam daerah yang mempunyai kepentingan dengan bidang LSM yang bersangkutan,” jelasnya.

Dalam rangka pengembangan dan pendayagunaan terhadap LSM perlu dilakukan pembinaan untuk merangsang partisipasi dan kewaspadaan masyarakat secara aktif serta dinamis, sehingga LSM mempunyai tujuan dan program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat serta sejalan dengan pembangunan nasional.

“Perlu juga dilakukan upaya-upaya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna agar LSM sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan seperti keterlibatan dalam penanganan bencana alam dan lainnya,” terangnya.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru