Pelayanan Kesehatan Jangan Berorientasi Pada Profit Semata

  • Oleh Naco
  • 29 Agustus 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun mengimbu agar pelayanan kesehatan dan dalam melayani masyarakat jangan berorientasi kepada profit semata. 

"Meski ada target pendapatan asli daerah salah satunya juga berasal dari rumah sakit, jangan itu sebagai beban dan menyulitkan masyarakat pada akhirnya," ucapnya, Kamis, 29 Agustus 2019.

Ia meminta agar pelayanan disektor kesehatan yang ramah dan prima adalah sebuah keharusan terutama di setiap puskesmas  hingga rumah sakit di daerah ini.

Dia mengatakan sebagai bukti jika DPRD memberikan dukungan maksimal untuk sektor kesehatan dengan disetujuinya pembangunan rumah sakit daerah dr Murjani Sampit.

Setidaknya proyek itu senilai Rp 151 miliar digelontorkan untuk membangun gedung mewah di rumah sakit diharapkan berdampak kepada  pelayanan yang baik.

“Pelayanan di rumah sakit setelah gedung ini selesai nanti wajib harus lebih baik, DPRD tidak mau lagi ada mendengar persoalaan didl dalam seperti pasien tidak dilayani, pasien ditolak dan lain sebagainya,“ tukas Rimbun.

Dia menegaskan jangan hanya sebatas gedung mewah tetapi pelayanannya memburuk. Hal ini akan jadi penekanan secara khusus dari mereka di DPRD Kotim.

“Makanya dalam setiap pembahasan kami tidak mengejar PAD dari rumah sakit karena kami paham betul itu bukan pencari uang dari masyarakat kita yang sedang kesusahan, dan paradigma ini harus jadi semangat dari manajemen di RSUD tersebut," tandasnya.

Dia juga mendorong agar program jaminan kesehatan masyarakat bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, Pasalnya DPRD sudah mengalokasikan anggaran puluhan miliar untuk jaminan kesehatan yang terintegrasi ke Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru