Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Embung Danau Gatal Bantu Perekonomian Warga

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Agustus 2019 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pembangunan embung Danau Gatal di Desa Rungun Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kotawaringin Barat telah usai. Selain sebagai penampung air, embung danau itu juga membantu perekonomian warga.

Dinas Pekerjaan Umum dan Pembangunan Rakyat (PUPR) Kobar membangun embung di Danau Gatal untuk pengairan desa. Pada awalnya ada penolakan. Namun kini, berkat dibangunnya embung membantu masyarakat, lantaran banyak berbagai jenis ikan danau mudah ditangkap.

"Bahkan, saking banyaknya ikan yang ditangkap masyarakat desa setempat memiliki nilai ekonomis. Awalnya ditolak, sekarang jadi sumber mata pencaharian," kata plt Dinas PUPR Kabupaten Kobar, Juni Gultom, Jumat, 30 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, pembangunan pembangunan embung di Danau Gatal selain sebagai tampungan air untuk persediaan di musim kemarau, sekaligus untuk memperindah pinggiran lokasi danau. Sehingga, menambah daya tarik wisata.

Hasil pembangunan embung danau yang dapat membantu sumber mata pencaharian masyarakat itu mendapat apresiasi dari Bupati Kotawaringin Barat Hajah Nurhidayah.

Juni Gultom menambahkan, hasil tangkapan ikan dari embung tersebut cukup banyak. Namun pemasaran ikan terbatas.

"Memang pemasarannya terbatas tapi untung ada pengepul dari Kalimantan Barat. Semoga ada yg bisa bantu memasarkannya," tandasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru