Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keren, Ada Helm Terbuat dari Tandan Kosong Sawit 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 30 Agustus 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain untuk bahan makanan dan kosmetika, ternyata ada kegunaan lain dari kelapa sawit untuk industri terkait sektor otomotif. 

Adalah Kawasan Sains dan Teknologi (Science Techno Park) Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berhasil menciptakan helm berbahan tandan kosong kelapa sawit yang memiliki kekuatan menahan benturan yang lebih tinggi dari helm standar.

"Kita memang mengembangkan produk ramah lingkungan yang salah satunya berbahan dari tandan kosong kelapa sawit, yakni helm," kata staf di bawah Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual IPB Muhammad Hendra Wibowo ketika ditemui di ajang pameran Ritech Expo 2019 di Bali medio pekan ini. 

Hendra menuturkan helm tersebut telah lolos pengujian Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan nomor SNI 1811/2007/Amd1:2010.

Helm tersebut terbuat dari polimer ABS recycle dan serat tandan kosong kelapa sawit, dan helm ini mampu meredam energi tumbukan akibat benturan.

"Bahkan kekuatan benturannya juga lebih baik atau setara dengan helm berkualitas yang harganya sekitar Rp300 ribu sampai Rp500 ribu lebih, jadi sudah memenuhi standar SNI," tutur Hendra.

Menurut Hendra, saat ini helm tersebut belum banyak diproduksi tapi sudah dipasarkan masih dalam jaringan terbatas.

Di samping itu, pihaknya juga sedang menjajaki kerja sama dengan Gojek untuk pemanfaatan helm tersebut bagi para pengendara Gojek.

Helm ini juga dipamerkan di Indonesia Innovation Day 2019 di Jerman. Permohonan paten untuk helm itu telah diajukan pada 2016, sementara permohonan merek telah diajukan pada 2017.

Hendra menjelaskan pihaknya masih mengembangkan dan membina perusahaan rintisan (startup) yang akan memproduksi helm tersebut untuk dijual ke konsumen. (NEDELYA RAMADHANI/m)


TAGS:

Berita Terbaru