Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyelenggaraan Pilkades Tidak Boleh Gunakan Dana APBDes

  • Oleh Uriutu
  • 30 Agustus 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Penyelenggaran Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak di Kabupaten Barito Selatan tidak boleh menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes.

Pj Sekda Barsel, Syahrani mengatakan hal tersebut berdasarkan surat dari Sekda provinsi Kalimantan tengah nomor 411.1/DPMDes/VII/2019 hal pemilihan kepala desa.

“Bahwa untuk penyelenggaraan Pilkades serentak di Barsel dan kepanitiaannya dilarang menggunakan anggaran APBDes,” kata Syahrani Jumat, 29 Agustus 2019.

Hal itu juga sesuai Permendagri Nomor 65/2017 serta Perda Barsel Nomor 9 Tahun 2018. Sehingga pihak provinsi menyurati tiga kabupaten yang menggunakan APBDes dalam penyelenggaraan Pilkades termasuk Barsel.

“Kita juga telah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK bahwa Pilkades serentak tidak bisa dilaksanakan apabila menggunakan APBDes,” bebernya.

Dia menjelaskan berdasarkan hal tersebut pihaknya telah menelegram atau menyurati camat, kepala desa dan panitia Pilkades tingkat desa untuk menghentikan penyaluran dana untuk pelaksanaan Pilkades yang bersumber dari APBDes. 

“Mulai 28 Agustus 2019 kita telah membuat telegram untuk menghentikan penyaluran dana untuk pelaksanaan Pilkades serentak yang bersumber dari APBDes,” ucanya.

Menurutnya, untuk anggaran bersumber dari APBDes yang sudah terlanjur digunakan tidak jadi masalah. Karena pihaknya telah menyurati agar menghentikan penyalurannya. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya mengefisien anggaran yang ada, mengusulkan anggaran untuk Pilkades di perubahan dan menggunakan dana tidak terduga.

Meski demikian tahapan pilkades tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hanya saja apakah nanti pelaksanaannya sesuai dengan jadwal ada mengalami penundaan.

“Yang pasti kita masih menunggu penganggaran di APBD perubahan nanti, apakah sesuai jadwal atau ditunda,” ucapnyaa. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru