Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politisi Nasdem: Penanganan Pertanian Harus Jadi Perhatian di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 Agustus 2019 - 17:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebagai salah satu lumbung padinya Provinsi Kalimantan Tengah, sektor pertanian di Kabupaten Kapuas terus jadi perhatian agar tetap terus bisa meningkatkan produksi padi.

Anggota DPRD Kapuas, Kunanto mengharapkan penanganan masalah-masalah disektor pertanian, seperti kerusakan tanaman pangan, hingga gagal panennya petani juga jadi perhatian agar produksi padi dapat maksimal.

"Di daerah Dapil kami juga ada namanya bencana kerusakan padi atau gagal panen. Dalam artian untuk penanganan masalah pangan juga perlu jadi perhatian pemerintah daerah," ucap Kunanto Jumat, 30 Agustus 2019.

"Di sana itu saluran air sudah dangkal. Jadi air pasang surut sudah tidak bisa mencapai ketitik sawah. Itu ada dua kecamatan yaitu Bataguh dan Tamban Catur khususnya di Desa Sidorejo, Sidomulyo, Bataguh dan Bandar Raya," lanjutnya.

Menurut politisi Partai NasDem ini karena air yang tidak bisa naik sehingga zat asam itu tidak turun membuat padi petani kerap mengalami kerusakan. 

"Sehingga kami berharap pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat memperhatikan hal itu untuk peningkatan produksi padi," katanya.

Dia berharap dari dana yang nilainya capai milyaran rupiah dari Bagi Hasil Dana Reboisasi atau DBH DR yang digunakan oleh BPBD Kapuas dan Dinas Lingkungan Hidup bisa memperhatikan kondisi di sektor pertanian juga yang mengalami kerusakan.

"Jadi tidak hanya karhutla saja, makanya kami berharap kepada pihak BPBD harus diprioritaskan juga," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru