BUMDes Harapan Sejahtera Desa Madara Teken Perjanjian Pemanfaatan Kawasan Hutan

  • Oleh Uriutu
  • 30 Agustus 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Harapan Sejahtera Desa Madara, Kecamatan Dusun Selatan teken perjanjian kerjasama pemanfaatan kawasan hutan untuk pengelolaan hutan alam lestari. BUMDes itu bekerjasama dengan Unit Pelaksanan Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (UPT KPHL) Gerbang Barito Unit IX Provinsi Kalteng.

Pj Kades Madara, Kristy Briantomy mengatakan, kerja sama ini untuk memanfaatkan kawasan hutan seperti, biomassa tumbuhan bawah, Vanili, mente, kratom, madu, karet, maggot, budidaya dan pengolahan ikan.

“Sebelumnya kita membuat surat permohonan kerjasama di wilayah KPHL Gerbang Barito pada 27 Agustus 2019 lalu dan telah disetujui dengan penandatanganan perjanjian kerjasamanya pada Kamis, 29 Agustus 2019,” kata Kristy Briantomy kepada Borneonews, Jumat, 30 Agustus 2019 sore.

Ia membeberkan, perjanjian kerjasama ini sebagai dasar bagi UPT KPHL Gerbang Barito dan BUMDes Desa Madara untuk merencanakan, mengelola, mengembangkan dan memasarkan biomassa tumbuhan bawah, vanili, mente, kratom, madu, karet, maggot, budidaya dan pengolahan ikan.

Dengan tujuan, lanjut dia, untuk mengembangkan optimalisasi fungsi hutan mendukung pengelolaan hutan lestari dan dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar, serta Negara.

"Kerja sama ini merupakan wujud nyata dari pelaksanaan, salah satu tugas yang diberikan oleh Bupati Barito Selatan kepada saya saat dipercaya menjadi Pj. Kepala Desa Madara," ucap dia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri, wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir, Pj Sekda Syahrani, Camat Dusun Selatan, Mario Aan serta sebagian kepala SOPD dan  pihak UPT KPHL Gerbang Barito. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru