Rakor P3MD Kupas Penggunaan Dana Desa dengan Benar Dikupas dalam Rakor P3MD

  • Oleh Budi Yulianto
  • 30 Agustus 2019 - 19:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rapat koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa atau P3MD Kalteng yang digelar di Palangka Raya, Jumat, 30 Agustus 2019, mengupas tentang penggunaan dana desa dengan benar.

Rapat tersebut mengupas soal penggunaan dana desa agar sesuai dengan peruntukannya. Dengan begitu, dana desa yang diberikan pemerintah dapat digunakan tepat sasaran.

"Makanya kita dalam rapat ini juga menghadirkan narasumber dari Polda Kalteng supaya memberikan pencerahan teman-teman pendamping desa. Sehingga penggunaan dana desa nanti tidak diselewengkan," kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Kalteng, Eka Dyan S Hadi.  

Sebagaimana diketahui, kegiatan itu mengusung tema evaluasi pendampingan desa, penyaluran dana desa tahap 1 dan 2 serta percepatan dana desa tahap 2 tahun 2019.

Menurutnya, salah satu hal kenapa dana desa lambat keluar karena kepala desa juga lambat dalam menyampaikan laporan berkenaan dengan tahap sebelumnya. Oleh sebab itu, ia mengharapkan semua tahapan segera dipenuhi. 

Di sisi lain, ia juga mengingatkan,tugas pendamping dituntut lebih keras melakukan pendampingan desa. "Tapi kendalanya adalah petugas yang mendampingi bisa antara 1 sampai dengan 4 desa. Kita berharapnya 1 desa 1 petugas," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru