Gelombang Tinggi Sebabkan Harga Ikan Laut di Katingan Melonjak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Agustus 2019 - 23:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gelombang Laut Jawa di perairan Pegatan Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan sejak sebulan terakhir tinggi. Tingginya gelombang ini menyebabkan sejumlah harga ikan laut di Kasongan Kabupaten Katingan mahal.

Dari pantauan borneonews.co.id Jumat, 30 Agustus 2019 di Pasar Kasongan, sejumlah penjual ikan laut mengaku mahalnya ikan laut ini karena saat ini banyak nelayan berhenti melaut akibat gelombang besar atau tinggi.

Aripin, salah seorang penjual ikan laut di Kasongan membenarkan mahalnya harga ikan laut sejak beberapa hari ini. "Misalnya ikan jenis peda, sekarang kita jual Rp 50 ribu per kilogramnya dari sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram," katanya.

Pun demikian, dengan jenis lajang juga mengalami kenaikan harga dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg.

Selain harganya naik, stok ikan laut di warungnya saat ini juga terbatas. "Kata yang biasa menyuplai ikan ke kita terbatasnya stok ikan laut karena gelombang sedang tinggi, sehingga nelayan banyak tidak melaut," imbuh Aripin.

Sementara itu, menurut Sekretaris Kecamatan Katingan Kuala, Sholehudin, gelombang Laut Jawa yang berada di perairan Pegatan sedang tinggi mencapai dua meter.

Akibat gelombang tinggi tidak jarang nelayan di Pegatan Kecamatan Katingan Kuala yang berhenti melaut untuk sementara waktu karena takut perahu mereka dihantam gelombang tinggi. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru