Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan Posyandu Harus Kreatif

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 31 Agustus 2019 - 00:14 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sudah menjadi persoalan di berbagai wilayah, partisipasi masyarakat atau Ibu bawa balita ke Posyandu kurang, maka pelaksanaannya harus dibuat kreatif dan inovatif untuk menarik para pengunjung.

Kasi Pengelola Gizi Masyrakat Dinas Kesehatan Kobar Novy Cahyani mengatakan, petugas program gizi di puskesmas harus bisa berinovasi dalam pelaksanaan Posyandu sehingga pengunjungnya meningkat.

"Saat ini bagaimana inovasi dari petugas program gizi di puskesmas yang ada di kecamatan mengajak masyarakat agar mau datang ke Posyandu," ujarnya, Jumat, 30 Agustus 2019.

Beberapa hal yang sudah dilaksanakan ialah, ada Posyandu Akbar di Kelurahan Raja, itu atas inovasi program dari Puskesmas Arsel, dan di Puskesmas Palingkau ada Batimbang Yuk. Mereka pakai mobil keliling di bulan Februari dan Agustus, bagi balita yang datang mendapatkan balon. Kemudian dengan arisan sayuran.

"Kalau biasanya arisan duit itu arisan sayuran atau bahan pangan mentah, seperti, bayam, telur dan lainnya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, yang menjadi kendala terkait kehadiran ibu - ibu membawa balitanya Posyandu lantaran masih beranggapan Posyandu milik kesehatan. Padahal Posyandu itu adalah milik masyarakat dan untuk masyarakat, maka masyarakat lah yang harus menggerakkan.

"Kami hanya sebagai fasilitatornya saja dan sebagai pengendali untuk program kesehatan. Untuk mengubah mindset atau pola pikir aeperti itu harus ada kerjasama lintas sektor, kepala desa harus membantu memberi pemahaman pasa masyarakatnya," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru