Kalteng Putra Hadapi Laga Berat Konta Madura United

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 31 Agustus 2019 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kalteng Putra bakal melakoni laga berat kala bertandang ke markas Madura United (MU) yang kini bertengger di posisi ke tiga klasmen sementara Liga 1 Indonesia.

Menghadapi laga itu, tidak ada kata lain, penggawa Kalteng Putra harus bisa bermain disiplin, serta mampu memahami strategi pelatih Gomes de Olivera yang merupakan mantan juru racik MU.

"Dipanggilnya Andik Vermansyah, Zulfiandi, dan ujung tombak haus gol MU Alberto Goncalves ke Timnas membuat kekuatan MU berkurang. Ketiga pemain ini roh kekuatan MU selama ini, dan ini harus bisa dimanfaatkan Kalteng Putra," ujar pengamat bola yang juga wartawan lokal Kalteng, Yusro Arodi, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Yusro yang juga pernah bermain di Assyabab Surabaya era 90-an, menambahkan bahwa Gomez de Olivera pasti tahu luar dalam kelebihan dan kekurangan MU. Mengingat dia pernah meracik tim asal Pulau Madura itu.

Ini satu keuntungan buat Kalteng Putra, asalkan para pemain bisa menjalankan instruksinya.

"Asalkan Laskar Isen Muang dapat bermain disiplin, insyaallah bisa mencuri poin di kandang MU," ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa kekurangan dan lubang posisi di MU. Hal ini menjadi catatan buat Gomez. Contohnya dua bek sayap MU yang sering meninggalkan pos mereka. Hal itu harus bisa dimanfaatkan dua sayap Kalteng Putra untuk bisa memberikan tusukan hingga melepaskan silang manja kepada pemain depan.

"Saya yakin Gomez pasti punya jurus jitu memberikan yang terbaik buat timnya. Dia jago strategi. Dia punya cara mengangkat performa tim di saat  tertekan. Gomez bisa mencairkan serta mengangkat mental pemain," ujarnya.

Dalam laga nanti, peran sang kapten I Gede Sukadana sangat dibutuhkan. Dalam beberapa laga terakhir, Sukadana mulai menunjukkan jiwa kepemimpinan dan bermain bagus. Hal ini harus berdampak pada saat lawan MU.

"Siapa yang bisa menguasai lini tengah tim itulah yang akan mencuri poin. Kreativitas duo legiun asing Kalteng Putra mulai bisa dipahami pemain lainnya. Ini mempermudah peran Sukadana sebagai gelandang pengangkut air yang sekaligus bisa berperan sebagai playmaker," tutur Yusro. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru