Sekda Kalteng Apresiasi TP - PKK Dorong Tekan Angka Stunting

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Agustus 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengapresiasi upaya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP - PKK dalam menekan angka stunting di Bumi Tambun Bungai. 

"Kami menyampaikan terimakasih kepada PKK yang telah mendorong menekan stunting. Kami berharap, program yang telah dicetuskan sangat bermanfaat," kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Sekda juga berharap keberadaan posyandu di desa dapat kembali diaktifkan. Perangkat desa juga diharapkan terlibat termasuk dalam penggunaan dana desa dalam mengatasi stunting. 

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menegaskan komitmennya bersama pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi stunting. 

Ia menilai, masalah stunting di Kalteng harus segera ditanggulangi karena Kalteng berada di posisi ke 5 tertinggi secara nasional berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2018. 

"Masalah stunting perlu ditangani sesegera mungkin dengan intervensi dan kolaborasi bersama lintas sektor," katanya. 

Dalam upaya itu, TP-PKK juga akan menggerakan dasawisma. Itu merupakan kelompok terkecil dalam gerakan PKK. Hal ini dinilai sangat penting karena dengan kelompok dasawisma inilah muncul kesiap-siagaan dan kewaspadaan dini di masyarakat terhadap masalah dan kemungkinan muculnya penyakit yang mengancam serta merugikan masyarakat. (BUDI YULIANTO/Adv)

Berita Terbaru