Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Sebut Targetkan 5 Tahun Stunting di Kalteng Berada di Angka 20 Persen

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Agustus 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kini sedang berupaya keras untuk menurunkan angka stunting. Sekda Fahrizal Fitri menyebut, dalam 5 tahun ke depan, targetnya adalah stunting di Kalteng berada di angka 20 persen. 

"Saat ini kita berada di urutan ke 5 secara nasional dan berada di angka 35 persen. Target kita dalam 5 tahun ke depan bisa berada di angka 20 persen," kata Fhrizal Fitri, Sabtu, 31 Agustus 2019. 

Upaya dalam menekan angka stunting ini melibatkan seluruh stakholder. Sekda juga mengapresiasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP-PKK dalam mendorong mewujudkan target tersebut. 

Di sisi lain, sekda mengajak untuk kembali mengaktifkan posyandu yang ada di setiap desa. Peran dari perangkat desa juga sangat dibutuhkan. Setidaknya, dana desa juga bisa diperuntukan dalam membantu menanggulangi stunting. 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menegaskan komitmennya bersama pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi stunting. 

Ia menilai, masalah stunting di Kalteng harus segera ditanggulangi karena Kalteng berada di posisi ke 5 tertinggi secara nasional berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2018. 

"Masalah stunting perlu ditangani sesegera mungkin dengan intervensi dan kolaborasi bersama lintas sektor," katanya. 

Ia menambahkan, posyandu yang aktif atau yang mempunyai strata mandiri dan purnama di tahun 2019 berjumlah 651 atau 25,39 persen. Total sebenarnya berjumlah 2.564 posyandu di Kalteng. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru