Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah Pengobatan Sakit Kudis pada Ternak Babi

  • Oleh Magang 1
  • 31 Agustus 2019 - 22:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas mengatakan ada sejumlah langkah yang harus dilakukan, jika ternak babi terserang sakit kudis.

“Yang pertama, ternak sakit harus segera diisolasi,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DPKP Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth melalui pesan singkat, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Ia menuturkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh peternak adalah membersihkan kandang dan disemprot dengan lysol, serta segera diobati secara individu.

Jika sakit ringan, maka diobati dengan salep scabicid dan dibilas dengan butox. Lalu memberi ivermectin atau pengobatan sistemik, dan memberi antihistamin untuk mengurangi rasa gatal.

Ia menyampaikan, yang paling utama tentunya adalah melakukan tindakan pencegahan agar ternak babi tidak terserang penyakit kudis.

“Untuk mencegah kudis pada babi, maka peternak harus memelihara kebersihan kandang, kandang juga tidak tertutup cahaya atau sinar matahari,” terangnya. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru