Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyakit Mematikan pada Ternak Babi

  • Oleh Magang 1
  • 31 Agustus 2019 - 22:58 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas mengingatkan peternak babi agar mewaspadai penyakit mematikan, hog cholera, yang dapat menyerang ternak mereka.

“Penyakit tersebut disebabkan oleh virus,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DPKP Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth melalui pesan singkat, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Ia menuturkan, penyakit hog cholera harus diwaspadai, karena menyerang babi semua umur dan tingkat kematian yang tinggi.

Gejala klinis pada ternak babi yang terserang penyakit tersebut diantaranya adalah demam tinggi, mencret kuning keabuan, dan muncul bercak-bercak merah pada kulit.

Kemudian bercak tersebut berlanjut menjadi merah kelabu, kelenjar getah bening bagian luar juga mengalami pembengkakan. Untuk mencegah penyakit tersebut adalah dengan vaksinasi hog choleras.

“Dalam pengobatan diperlukan antibiotik untuk mencegah infeksi ikutan oleh bakteri, antipiretik, multivitamin dan vaksinasi hog cholera,” ungkapnya. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru