Dongkrak Pendapatan Asli Daerah Kotawaringin Barat Melalui Sektor Pariwisata

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 31 Agustus 2019 - 23:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Di masa kepemimpinan pasangan Nurani (Nurhidayah - Ahmadi Riansyah) pengembangan pembangunan meletakkan sektor pariwisata sebagai prioritas, lantaran pada sektor tersebut dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kotawaringin Barat.

Untuk itu anggota DPRD Kobar dari Partai Amanat Nasional (PAN) Tuslam Amirudin mengapresiasi atas kreativitas dan inovasi yang di lakukan Pemda Kobar, dalam menciptakan destinasi wisata, dimana pada bulan September ini Jalan Pangeran Antasari Pangkalan Bun akan di jadikan sebagai kawasan pasar malam yang di beri nama Begoyap Night Market (BNM). 

"Pemkab terus melakukan pembangunan sektor pariwisata untuk kenyamanan pengunjung, bernagai Inovasi yang luar biasa dilakukan untuk menarik wisaawan dan ini pasti akan meningkatkan PAD Kobar," ujarnya, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Ia menambahkan, BNM akan segera digelar dan ini berkaitan dengan pengembangan potensi wisata yang juga memiliki multiflier effect terhadap aspek lain, baik ekonomi, maupun sosial.

"Dengan melibatkan UMKM tentunya ini akan jadi wadah, sehingga UMKM akan menggeliat, masyarakat juga mendapatkan akses yang nyaman untuk mencari hiburan di malam hari," Kata Tuslam Amirudin. 


Ia menyampaikan, berbagai potensi pariwisata yang ada di Kobar harus di eksplorasi secara merata, wisata di Kobar sangat banyak, baik wisata alam maupun budaya. Maka perlu adanya inovasi untuk menarik wisatawan.

"Saya yakin, jika semua dapat dikembangkan dengan baik, Pariwisata di kobar mmpu memberikan kontribusi bagi PAD bahkan mencapai 50 persen," ujarnya.

Keberadaan TNTP sebagai daya tarik Kunjungan wisatawan di Kobar mencapai angka 22 ribu pertahun, dengan adanya destinasi wisata lainya maka wisatawan tidak hanya ke TNTP saja, tentunya hal ini akan berdampak bagi masyarakat.

"Wisatawan bukan saja mengunjungi TNTP melainkan juga tertarik mengunjungi destinasi wisata lainnya, ini tantangan bagi Pemkab kobar untuk terus berinovasi," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru