Ini Ingin Dicapai dalam Rakerda Dekranasda bagi Kalimantan Tengah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Agustus 2019 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Rakerda Dekranasda Kalteng resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yuel Tanggara, Sabtu, 31 Agustus 2019. 

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mengatakan, ada 5 poin penting yang ingin dicapai dalam Rakerda tersebut. 

Pertama, sinergisitas program Dekranasda kabupaten, kota dengan program Dekranasda Provinsi Kalteng. 

Kedua, dalam rangka mengangkat produk unggulan Kalteng agar lebih fokus pada produk batik dan anyaman rotan.

Ketiga, pemanfaatan informasi dan teknologi atau IT untuk pemasaran produk-produk unggulan. 

Selanjutnya, penguatan struktur organisasi Dekranasda kabupaten, kota yang sampai saat ini belum semua Dekranasda mempunyai struktur organisasi. 

Terakhir, optimalisasi keberadaan central borneo souvenir. Oleh sebab itu, Yuslitra Ivo mengimbau para ketua untuk mengirimkan produk unggulan terbaik daerah ke central tersebut. 

"Dari 5 poin itu, saya harapkan peserta Rakerda aktif memberikan buah fikiran sehingga di akhir kegiatan dapat menghasilkan sesuatu yang akan membawa Kalteng lebih maju dalam mewujudkan Kalteng berkah," ungkapnya. 

Yulistra berharap pemangku kepentingan untuk memberikan dukungan sepenuhnya pada program kerja Dekranasda se Kalteng sehingga Kalteng dapat sejajar dengan provinsi lain melalui budaya menjawet dan produk benang bintik ke pentas dunia. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru