Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keladi Mentah Jadi Produk Unggulan Kabupaten Lamandau

  • Oleh Budi Yulianto
  • 01 September 2019 - 08:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamandau turut menampilkan produk unggulan dalam acara launching Toko Tani Indonesia Center atau TTIC di Gedung Dekranasda Kalteng, Jalan Imam Bonjol, Palangka Raya, Sabtu, 31 Agustus 2019. 

Produk unggulan yang ditampilkan adalah keladi korup matah atau keladi yang dapat dimakan langsung meskipun mentah. 

Pengunjung mulanya terasa aneh ketika diminta untuk mencoba keladi yang dimaksud. Namun setelah dicoba, ternyata benar bahwa keladi jenis tersebut dapat dimakan langsung tanpa menimbulkan efek gatal. 

"Ini salah satu produk unggulan di sana (Kabupaten Lamandau). Jadi bisa dimakan langsung dan tidak ada gatalnya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamandau, Muhammad Irwansyah. 

Ia menuturkan, keladi korup matah ini juga pernah memecahkan rekor MURI makan coto Keladi Korup Matah dengan peserta terbanyak. Persisnya berlangsung pada upacara peringatan Hari Jadi ke-17 Pemerintah Kabupaten Lamandau pada Rabu, 7 Agustus 2019.  

Keladi tersebut memang dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Meski sudah dipasarkan ke daerah lain, budidaya keladi ini masih terbatas.

"Sebenarnya, pasarannya sudah kemana-mana. Juga pernah dijualbelikan ke Kalbar dan Kalsel. Namun gaungnya setelah ada pencatatan rekor MURI," ungkapnya.

Ia menambahkan, keladi tersebut juga ada di kabupaten lain selain Lamandau. "Tapi karena endemik terbanyaknya di daerah kita, makanya ini memang milik masyarakat Lamandau," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru