Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap Kembali Muncul di Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 September 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabut asap kembali muncul menyelimuti sejumlah wilayah di kota Kasongan, Minggu 1 September 2019 pagi.

Dari pantauan kabut asap mulai muncul sekitar pukul 05.30 WIB. Pukul 09.00 WIB kabut asap berangsur menipis dan perlahan menghilang.

Selain di Jalan Soekarno-Hatta, kabut asap juga menyelimuti wilayah Jalan Tjilik Riwut antara Bukit Batu hingga sekitar Jembatan Sei Katingan.

Munculnya kabut asap di Kasongan dan sekitarnya hari ini diduga karena kebakaran lahan kembali terjadi, setelah beberapa hari wilayah Kabupaten Katingan kembali panas.

Dari informasi yang dikumpulkan, Sabtu 31 Agustus 2019 terjadi kebakaran lahan di sekitar Jalan Tjilik Riwut Km 19 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir.

Kebakaran lahan di wilayah ini disebutkan menyebabkan beberapa hektar lahan hangus terbakar. Sejumlah warga Kasongan mengaku khawatir dengan kondisi cuaca yang kembali panas sejak beberapa hari terakhir.

"Saat ada hujan cukup lebat seeminggu lalu saya kira wilayah Kabupaten Katingan sudah memasuki musim kemarau, tapi setelah itu cuaca kembali panas sampai sekarang," kata Dani warga Kasongan.

Pajri, warga Kasongan lainnya mengatakan akibat lama tidak hujan dirinya sampai menunda menanam tanaman pertanian, seperti sayuran.

"Selama lebih sebulan ini saya tidak menanam tanaman sayuran seperti tomat, sawi, kangkung, bayam dan lainnya, karena di kebun air sumurnya kering," katanya.

Ia berharap musim hujan kembali datang sehingga dirinya bisa kembali bercocok tanam. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru