Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Kalimantan Bakal Berdiri di Palangka Raya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 01 September 2019 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perguruan tinggi Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama atau NU Kalimantan bakal berdiri di Kota Palangka Raya. Lokasi kampusnya berada di Pusat Pendidikan NU, Jalan RTA Milono Km 3,5 kota setempat.

"Ada beberapa program kerja yang sudah dilaksanakan NU. Program besar yaitu sehubungan dengan rencana kita mendirikan perguruan tinggi yang namanya Institut Teknologi dan Sains NU Kalimantan," kata Ketua PWNU Kalteng Wahyudi F Dirun, Minggu, 1 September 2019 petang.

Dia menuturkan, alasan menggunakan nama akhiran Kalimantan meskipun berdiri di Palangka Raya karena di pulau ini belum ada kampus ITS NU. Diharapkan, nantinya bisa menjadi wadah pendidikan regional Kalimantan.

Wahyudi menegaskan, berdirinya ITS NU sudah mendapat restu dari Menteri Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi atau Menristekdikti, Mohammad Nasir. Bahkan ketika berkunjung ke Palangka Raya pada Jumat, 30 Agustus 2019, Nasir menyempatkan meninjau lokasi pembangunannya.

"Intinya menteri menyambut baik dan beliau mengatakan optimis menunggu persyaratan lainnya. Jadi besok (Senin) kami akan ke Jakarta menyampaikan persyaratan itu," ungkapnya.

Wahyudi menyampaikan hal ini didampingi Rois Syuriah PWNU Kalteng, KH Anwar Isa yang juga sebagai Ketua MUI Kalteng.

Kemudian, Sekretaris PWNU Kalteng Suhardi, Ketua Tim Kerja Pendirian ITS NU, Abdul Mukti sekaligus sebagai Wakil Katib Syuriah NU Kalteng. Hadir pula Ketua PW Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Lakpesdam Kalteng, M Roziqin.

Anwar Isa menambahkan, pembangunan ITS NU Kalimantan itu sudah direncanakan sejak lama. Meski sempat menemui sejumlah kendala tapi akhirnya dapat dituntaskan dengan baik.

Sementara itu, Abdul Mukti mengatakan, warga Nahdliyyin sebenarnya banyak di Kalteng. Namun, rata-rata anak mereka melanjutkan ke perguruan tinggi di luar Kota Palangka Raya.

Bahkan sebagiannya juga tidak melanjutkan karena minimnya biaya dan faktor lain. Ia pun berharap, ITS NU nantinya dapat menjadi wadah untuk mengeyam pendidikan lebih lanjut.

Berita Terbaru