Kapolres Kotim dan Ajudan Spontan Lakukan Pemadaman saat Lihat Kebakaran Lahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 September 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotim, AKBP Mohammad Rommel bersama ajudannya langsung menghentikan mobil dinasnya, saat berkeliling memantau kebakaran lahan. Mereka berdua spontan turun dari mobil dan langsung memadamkan kebakaran lahan yang terlihat.

Aksi itu dilakukan di Jalan MT Haryono Barat, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur, Senin, 2 September 2019.

"Tadi kami memang keliling untuk memantau kebakaran lahan. Pas lihat ada kebakaran lahan, kami langsung turun," kata Rommel.

Aksi itu dilakukan dengan menggunakan peralatan seadanya. Baik Kapolres Kotim maupun ajudannya hanya memanfaatkan sisa ranting pohon untuk memadamkan api. Sesekali menggunakan stok air mineral dari mobil dinas.

"Karena tidak ada alat pemadam, kita menggunakan menggunakan alat seadanya saja. Tadi juga sambil berkoordinasi dengan tim Satgas Karhutla Kotim, sembari menunggu kedatangan tim satgas," kata Rommel.

Dia menjelaskan, kebakaran lahan itu terjadi di lokasi yang sudah didatangi sebelumnya. Diduga api yang muncul merupakan sisa kebakaran yang belum padam.

"Itu di lokasi kebakaran yang kami datangi hari Minggu. Ternyata apinya muncul lagi. Agar tidak meluas langsung saja dipadamkan," terangnya.

Sementara itu, sudah puluhan lahan di Kotawarigin Timur yang saat ini diselidiki Polres Kotim. Bahkan, untuk kepentingan penyelidikan, polisi tak hanya memasang police line. Tetapi juga memasang spanduk pemberitahuan jika lahan yang terbakar itu dalam penyelidikan kepolisian.

"Sekali lagi kami sampaikan, jangan ada yang coba-coba membakar lahan. Kalau ditemukan, akan kami tindak sesuai aturan," tegas Kapolres Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru