Hanya Anjing dan Kucing Jantan Bisa Ikut Program Steril Gratis di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 September 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Salah satu syarat mengikuti program steril gratis dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Kota Palangka Raya ialah harus berjenis kelamin jantan dan hanya untuk hewan peliharaan domestik atau lokal yakni anjing dan kucing.

"Kita pilih hanya melakukan program steril kepada anjing dan kucing yang jantan untuk program ini. Anjing dan kucing jantan setelah disteril bisa langsung dibawa pulang oleh pemiliknya, kalau yang betina harus dirawat inap dulu," kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan, DKPP Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono kepada Borneonews, Senin 2 September 2019.

Selain itu program ini dikhususkan untuk anjing lokal, sementara untuk anjing ras tidak diperbolehkan.

"Kalau anjing ras pemiliknya pasti beli, bahkan bisa jadi mendatangkan sendiri dengan biaya sendiri dari luar daerah, jadi harus tanggung jawab sendiri. Makanya program ini untuk anjing dan kucing lokal saja dan khusus jantan saja," tuturnya.

Program ini menurut drh Eko dilaksanakan dalam rangka Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September 2019.

"Meski demikian DKPP mengagendakan program ini dilaksanakan pada 30 September 2019 karena 28 September tahun ini hari Sabtu," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru