Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kota Palangka Raya Harus Bangun Aplikasi ini untuk Terapkan E-Governance

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 September 2019 - 20:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, menyarankan pemerintah kota membangun pemerintahan berbasis digital. Untuk itu, perlu ada beberapa aplikasi yang dibangun.

“Setidaknya ada sekitar tujuh modul aplikasi e-governance,” kata anggota LPPM Universitas Palangka Raya, Arista, dalam paparan akhir penyusunan rencana induk TIK di Aula Bappeda Kota Palangka Raya, Senin, 2 September 2019.

Tujuh aplikasi ini terdiri dari aplikasi pelayanan, yang di dalamnya terdapat pelayanan kependudukan, perizinan, pengaduan masyarakat serta perpajakan atau retribusi.

Kemudian, harus ada juga aplikasi administrasi dan pelayanan. Dilanjutkan lagi dengan aplikasi legilasi dan aplikasi pembangunan.

“Ditambah lagi aplikasi kepegawaian yang mencakup modul pengadaan PNS, absensi dan gaji, penilaian kinerja, serta diklat,” ucap Arista.

Terakhir ada aplikasi dinas dan lembaga yang di dalamnya terkait kepemerintahan, kewilayahan, kemastarakatan, dan sarana prasarana.

“Dalam pembuatan aplikasi ada dua tipe aplikasi. Mulai dari aplikasi umum yang bisa digunakan lebih dari satu organisasi perangkat daerah (OPD), dan aplikasi khusus yang hanya bisa digunakan oleh satu OPD yang bersangkutan,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru