Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dukung Tim Audit Turun Tangan Cek Lahan Diduga Ilegal di Mentaya Hilir Selatan

  • Oleh Naco
  • 02 September 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur H Rudianur mendesak agar tim audit pemerintah kabupaten turun tangan mengecek lahan sawit yang diduga ilegal di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Seperti diketahui di daerah Mentaya Hilir Selatan ditemukan lahan sekitar 400 hektare. Areal itu disebut-sebut milik pengusaha yang rencananya digunakan sebagai areal perkebunan kelapa sawit. 

Bahkan sudah ditemukan sejumlah bibit kelapa sawit siap tanam di atas lahan tersebut. Sudah ada sekitar 2 hektare lahan yang sudah ditanami bibit jagung berusia  sekitar 1 mingguan. Pemkab Kotim sudah menurunkan tim untuk menginventarisasi lahan tersebut. 

“Adanya temuan lahan ilegal di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan itu adalah persoalan baru yang mesti diseriusi oleh pemrintah kita. Apalagi sudah ada tim audit perkebunan yang dibentuk lalu," kata Rudianur, Senin, 2 September 2019.

Rudianur berharap Pemkab Kotim bekerjasama dengan pihak penegak hukum  untuk mengusut tuntas kasus itu. Dia tidak ingin kasus pengungkapkannya setengah hati seperti kasus temuan Agro Yaqub oleh tim audit beberapa waktu lalu yang sampai kini tidak jelas.

“Harus diproses ini, jangan seperti temua Agro Yaqup lalu. Tim sendiri yang mengespos namun tim sendiri juga yang mempeti es-kannya," tukasnya.

Karena kata dia itu sudah jadi temuan, proses dalam artian apakah benar atau tidak tudingan itu kebun ilegal karena saat ini banyak yang mengatakan areal ratusan hektare ini dialih fungsikan jadi areal perkebunan.

"Kalau benar ilegal proses secara hukum jangan kita biarkan. Apalagi jelas wilayah selatan kawasannya dibebaskan untuk areal persawahan buhan perkebunan," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru