Penemuan Kapal Banama di Pulang Pisau Dibuat Film Dokumenter

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 02 September 2019 - 22:48 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Penemuan Kapal Banama di Kelurahan Kalawat Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau bakal dibuat film dokumenter.

Bahkan, film dokumenter terkait Kapal Banama itu rencananya akan ditayangkan di rumah bambu Buntoi pada saat kunjungan rektor Universitas Palangka Raya (UPR) pada Kamis, 5 September 2019 mendatang. 

Hal itu dikatakan Lurah Kalawa, Hendra. Ia mengatakan, film dokumenter itu informasinya sudah selesai. 

"Kita dibantu teman-teman dari UPR yang membuat film dokumenter itu. Saya juga belum menyaksikan seperti apa filmnya," kata Hendra, Senin, 2 September 2019 siang. 

Lurah mengungkapkan, penemuan kapal Banama ini memang diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata Pulang Pisau. Diharapkan dengan adanya film dokumenter ini semua pihak bisa melihat dan tertarik serta bisa bersama-sama mengembangkan sejarah yang ada di Pulang Pisau. 

"Kalau kami cuma bisa mendorong dan mempromosikan semampu kami. Selebihnya tentu kami berharap dukungan dari berbagai pihak," ungkap dia.

Hendra menegaskan, masalah kapal Banama ini juga sudah dikoordinasikan dengan semua tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat. Artinya semua mendukung kapal Banama ini dijadikan salah satu destinasi wisata. 

"Berbagai pihak juga sudah datang untuk melihat langsung ke lokasi kapal Banama. Semoga saja berbagai upaya yang sudah dilakukan ini bisa membuat apa yang kami harapkan terwujud," harap Hendra. (M BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru