Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat Apresiasi Kreativitas Lurah Kembangkan Destinasi Wisata Baru

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 September 2019 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat Wahyudi mengapresiasi kreativitas para lurah yang telah mengembangkan potensi pariwisata di wilayahnya, sehingga banyak destinasi wisata baru di Kobar.

Pemkab Kobar memberikan ruang pada setiap kelurahan dan desa untuk mengambangkan sektor pariwisata di daerahnya, sehingga tidak hanya taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) saja.

Wahyudi mengatakan, terobosan bagus seperti yang selama ini diperlihatkan oleh para lurah, meruapakan ide - ide cemerlang untuk memberikan ruang dikembangkanya pariwisata lokal, seperti yang dilakukan oleh lurah Mendawai, lurah Raja dan Lurah Kampung Baru, apalagi sudah mulai diikuti oleh lurah Madurejo.

Wahyudi menambahkan disamping mempromosikan TNTP sebagai iconnya, potensi yang lain ini juga harus dikembangkan. Seperti menikmati suasana di bantaran sungai sehingga wisatawan asing dapat menikmati kota sambil jalan-jalan melihat kehidupan sosial masyarakat di Kobar.

"Jangan salah, ternyata orang asing itu suka makan Coto Manggala kuliner khas Kobar, ini sudah mulai dikenal dan mulai disukai wisatawan asing," ungkapnya.

Ia men menuturkan, semakin meningkatnya jumlah tempat wisata, juga harus di barengi dengan pembangunan infrastruktur, agar masyarakat lebih bisa menikmati lokasi wisata dengan nyaman.

"Hal ini tentunya akan kita lakukan kordinasi dengan SKPD, serta akan selalu berkordinasi dengan UMKM, untuk kesejahteraannya," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru