Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Terus Berupaya Kurangi Permukiman Kumuh

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 September 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya untuk mengurangi permukiman kumuh. Baik itu di kecamatan dalam kota maupun luar kota. 

"Kami terus berupaya untuk mengurangi kawasan kumuh di daerah ini. Agar tercipta permukiman yang layak huni," kata Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, saat peresmian bantuan pemerintah untuk masyarakat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2019, di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Selasa, 3 September 2019. 

Program Kotaku diluncurkan pemerintah pusat pada 2016 lalu. Bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh. Guna mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. 

"Melalui prinsip penanganan permukiman kumuh dengan fokus pada peningkatan kualitas permukiman area perkotaan. Kami menjadi pelaksana utamanya untuk menciptakan hal tersebut," kata Taufiq. 

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pendekatan secara bottom up, dan melibatkan masyarakat secara aktif. Bahkan penanganan berkesinambungan dan penanganan permukiman kumuh multi sektoral berbasis kawasan secara terintegritas juga terus dilakukan. 

"Tujuan ini juga sesuai dengan TPJMN 2015-2019, seluruh wilayah di Indonesia harus bebas dari kawasan kumuh. Tanpa terkecuali wilayah Kotim ini," terang Taufiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru