Warga Harapkan Peningkatan Ruas Jalan Mendawai - Pegatan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 September 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Katingan mengharapkan peningkatan ruas jalan dari Kecamatan Mendawai menuju Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala. Jalur itu saat ini sudah tembus, namun belum semua diaspal.

Warga Desa Mendawai Kecamatan Mendawai, Darniansyah, mengatakan ruas jalan poros dari Desa Mekartani Kecamatan Mendawai sampai wilayah Pegatan Kecamatan Katingan Kuala, itu melewati 12 desa.

"Kalau jalannya sudah ada. Kami harapkan diaspal," kata Darniansyah, Selasa, 3 September 2019.

Dia pun sepakat apabila Pemkab Katingan bersama PBS yang rencananya bakal membangun jalan dari Kereng Pakahi, Kecamatan Kamipang menuju Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai.

Dari Mendawai ini kemudian melintasi desa- desa, yakni Desa Mendawai, Teluk Sebulu. Kemudian Desa Setiamulya, Kampung Baru, Bangun Jaya, dan Singam Raya.

Lalu, Desa Bumi Subur, Subur Indah, Jaya Makmur dan Makmur Utama. Selanjutnya menyeberang Sungai Katingan, menuju Kampung Tengah melewati Kampung Keramat sampai Pegatan Kecamatan Katingan Kuala.

"Untuk Kampung Tengah saat ini sudah diaspal sampai Pegatan dari dana APBD Provinsi Kalteng," katanya.

Untuk itu adanya rencana pembangunan jalan dari Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang menuju Mendawai diniai sangat tepat. Karena jika jalan itu sudah tembus, maka warga dua kecamatan di wilayah hilir ini tidak lagi terisolasi.

Sejauh ini, warga dua kecamatan ini mengandalkan transportasi air, yakni Sungai Katingan, Laut Jawa, dan kerukan Hantipan jika hendak bepergian ke luar daerah seperti menuju Kasongan.

Namun sejauh ini transportasi sungai yang menjadi andalan dua warga kecamatan itu adalah Kerukan Hantipan. Namun saat musim kemarau kerukan itu dangkal dan sulit dilintasi. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru