Lapas Palangka Raya: Motif Napi Muncul di Media Sosial untuk Senang-Senang

  • Oleh Agus Priyono
  • 03 September 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Motif seorang narapidana Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya bernama Yustus Tari yang mendadak viral karena postingannya di media sosial Facebook pribadinya diduga hanya untuk bersenang-senang.

Hal ini diungkapkan Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Syarif Hidayatullah melalui Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Arip Herdian.

Dia mengatakan pernyataan itu berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap yang dilakukan terhadap Yustus.

Dia mengatakan tidak ada unsur adanya tindakan penipuan yang dilakukan Yustus, karena postingan tersebut dilakukan di akun Facebook asli miliknya, bukan akun samaran.

"Yang bersangkutan telah kami BAP dan dari pengakuannya di situ dia hanya ingin eksis saja, ingin senang-senang saja. Kemudian karena menggunakan akun asli, kecil kemungkinan dia gunakan untuk menipu," ujar Arip, Selasa, 3 September 2019.

Dia menambahkan napi tersebut dikenal berkelakuan baik, tapi dia tetap akan diproses sesuai prosedur. Namun untuk saat ini atas tindakannya menyalahi Permenkumham No 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasayarakatan dan Rumah Tahanan Negara yang menyatakan seorang narapidana dilarang memiliki alat elektronik termasuk ponsel, telah diisolasi selama 2 kali 6 hari terhitung dari ditemukannya ponsel tersebut.

“Begitu kami terima laporan ada napi yang bermain media sosial, kami segera melakukan tindakan razia dan berhasil mengamankan barang bukti. Sesuai prosesdur yang bersangkutan kami isolasi dan kami lakukan pemeriksaan untuk bisa diproses lebih lanjut,” pungkasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru