Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSJ Kalawa Atei: 2 Pecandu Game Online Alami Gangguan Jiwa Psikotis

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 03 September 2019 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dua pecandu game online yang pernah dirawat oleh Rumah Sakit Jiwa atau RSJ Kalawa Atei ternyata mengalami gangguan jiwa psikotis. Hal ini disampaikan Case Manager RSJ Kalawa Atei, Natalia Atun, Selasa 3 September 2019.

“Gangguan jiwa psikotis yang ditandai dengan cara berpikir yang mulai kacau. Bisa juga berawal dari kecanduan game yang tidak ditangani dengan baik dan ini sangat berbahaya jika tidak cepat dilakukan penanganan serius,” ujarnya.

Selain itu, Natalia menambahkan dua anak yang dirawat di RSJ Kalawa Atei selalu berpendirian keras jika dilarang untuk berhenti bermain game online.

Hal itu berarti keinginannya untuk selalu bermain video game telah mengganggu perilaku dan membuatnya gelisah sepanjang waktu.

“Kisahnya kalau orang tua mereka melarang untuk tidak bermain game atau beristirahat, maka kelakuan mereka cenderung berubah. Ada yang marah dan ada pula yang tidak mau merespon hingga pada tingkatan tidak mau ke sekolah karena saking candunya dengan game,” jelasnya.

Oleh karena itu dirinya meminta kepada para orang tua agar sebisa mungkin mendidik anak dalam memanage waktu bermain game, belajar dan aktivitas lainnya. Hindari anak dari kegiatan pribadi yang mengganggu kejiwaan mereka.

"Perlu treatment itu kalau sudah mengganggu fungsi sehari-hari, misalnya tidak mau sekolah. Tidak mau sekolah itu merupakan kedaruratan psikiatri utama pada anak dan remaja," tambahnya. (ARNOLD/B-6)

Berita Terbaru