Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Harapkan Komitmen PBS Bangun Jalan Menuju Wilayah Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 September 2019 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang harapkan perusahaan besar swasta atau PBS di daerahnya memegang komitmen membangun jalan menuju wilayah hilir.

Ada dua perusahaan besar swasta bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit, yakni PT Arjuna Utama Sawit atau AUS dan PT Persada Era Agro Kencana atau PEAK.

"Dua perusahaan besar swasta ini sebelumnya telah melakukan penandatangan MoU terkait komitmen membangun badan jalan menuju wilayah hilir melalui dana CSR-nya," kata Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang, Selasa, 3 September 2019.

Dari perjanjian dengan Pemerintah Kabupaten Katingan, kata Wabup Sunardi Litang, kedua perusahaan tersebut masing-masing membangun badan jalan di sekitar hak guna usaha atau HGU mereka masing-masing.

Untuk PT AUS rencana badan jalan yang dikerjakan sepanjang sekitar 30 kilometer, mulai dari titik nol di Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang hingga mendekati batas HGU wilayah PT AUS.

Selanjutnya dari PT PEAK bakal menyambung pembangunan badan jalan hingga ke wilayah Desa Kampung Melayu masuk Kecamatan Mendawai dengan panjang juga sekitar 30 kilometer.

"Makanya saya kemarin tanggal 31 Agustus meninjau lokasi titik nol di Kereng Pakahi sekaligus melakukan rapat dengan PT AUS, Camat Kamipang, dan kepala desa serta tokoh masyarakat di sana terkait pembangunan jalan itu," kata Wabup Sunardi Litang.

Menurutnya, Pemkab Katingan dalam hal ini hanya sebatas mendorong perusahaan itu dalam penyelesaian komitmen. 

Badan jalan yang nantinya dikerjakan BPS ini nantinya bakal ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Katingan termasuk dilakukan peningkatan. Sehingga kedepan diharapkan dengan adanya jalan darat menuju wilayah Mendawai ini, dua wilayah kecamatan di bagian hilir Mendawai dan Katingan Kuala tidak lagi terisolasi karena sudah ada jalan darat menuju Kasongan dan daerah lainnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru