Asap Tipis di Palangka Raya Disebut Kiriman dari Pulang Pisau dan Katingan

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 03 September 2019 - 23:20 WIB

BORNEONEWS,  Palangka Raya - Kabut asap tipis yang kembali menyelimuti Kota Palangka Raya disebut merupakan kiriman dari Kabupaten Pulang Pisau dan Katingan. 

"Ya memang sekarang kabut asapnya sudah mulai lagi. Itu merupakan kirimanan dari Pulang Pisau dan Katingan," ujar Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Kaffeno Nahan saat dihubungi oleh awak media ini, Selasa 3 September 2019.

Selain kiriman dari kabupaten tetangga,  kabut asap ini juga dampak dari karhutla di beberapa daerah pinggiran kota Palangka Raya sendiri. 

"Beberapa titik seperti di Klampangan dan lingkar luar masih terjadi kebakaran. Meskipun tidak banyak dan separah beberapa bulan lalu," jelas Kofeno. 

Untuk mengatasi hal ini,  Ia mengatakan saat ini petugas pemadam kebakaran terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di wilayah kota. 

“Di bulan September ini kebakaran yang terjadi di Kota Cantik mengalami penurunan. Karena adanya beberapa kali turun hujan. Para petugas tetap kami siagakan setiap saat untuk membebaskan Palangka Raya dari asap,"  ungkapnya. 

Pantauan awak media di beberapa titik karhutla di sebagian kelurahan Klampangan,  Kota Palangka Raya tampak kabut asap yang sedikit mempengaruhi jarak pandang para pengguna kendaraan. (ARNOL/B-5) 

Berita Terbaru