Jaksa Siap Ajukan Kasasi atas Kasus Korupsi Mantan Bupati Katingan Jika...

  • Oleh Agus Priyono
  • 04 September 2019 - 07:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Jaksa penuntut umum siap ajukan kasasi atas putusan majelis hakim dari Pengadilan Tinggi Palangka Raya, jika vonis yang dibacakan terhadap terdakwa kasus korupsi mantan Bupati Katingan Ahmad Yantenglie nanti kurang dari tuntutan hukuman yang telah disusun oleh JPU.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Katingan, Tommy Aprianto yang juga menjadi JPU dalam kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) yang dilakukan oleh terdakwa Yantenglie. Tommy mengatakan, jika dalam putusan banding pihaknya tidak wajib datang. Yang jelas pihaknya hanya menunggu hasil putusan banding tersebut.

 

Namun jika nanti vonis atas hasil musyawarah dari majelis hakim di Pengadilan Tinggi Palangka Raya lebih ringan dari tuntutan jaksa maka pihaknya akan melakukan kasasi terhadap putusan tersebut. Menurutnya, tuntutan hukuman yang disusun oleh JPU sudah sesuai dengan fakta dalam persidangan juga sesuai dengan tindakan terdakwa yang telah mengakibatkan kerugian negara senilai Rp 100 miliar.

 

“Jika nanti hasil putusan tidak sesuai dengan tuntutan dan jika pimpinan memerintahkan untuk kasasi. Maka kami akan melakukan kasasi,” ujar Tommy, Selasa, 3 September 2019.

 

Vonis terhadap permintaan banding Yantenglie sendiri akan digelar di Pengadilan Tinggi Palangka Raya pada Senin, 9 September 2019 pekan depan. Dan putusan tersebut akan dibacakan oleh majelis hakim sekitar pukul 10.00 WIB.

 

“Setahu kami senin esok putusannya akan dibacakan, tentunya kami sebagai JPU akan berusaha untuk tetap hadir dalam persidangan tersebut,” pungkasnya. (AGUS/B-5)

Berita Terbaru