Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Luncurkan Sistem Layanan Rujukan Terpadu untuk Masyarakat Miskin

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 September 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat telah membuat terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat miskin yang memerlukan bantuan melalui program Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang diberi nama SLRT Nurani.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat, Ahmad Yadi mengatakan SLRT adalah sistem layanan untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin yang kemudian menghubungkan mereka dengan program perlindungan sosial.

"Bisa juga unutuk penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan pemerintah pusat, kabupaten maupun provinsi yang disesuaikan oleh kebutuhan mereka," ujarnya, Rabu, 4 September 2019.

Program ini telah diluncurkan sejak Agustus. Hasilnya, banyak masyarakat yang terbantu dan memanfaatkannya.

"Karena SLRT ini juga membantu mengidentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, untuk melakukan rujukan serta melalui SLRT ini kita dapat memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan keluhan tersebut ditangani dengan baik," ungkapnya.

Dalam SLRT ada 11 item aduan yang bisa disampaikan masyarakat miskin maupun rentan miskin, tapi paling banyak yang diadukan tentang pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Terutama saat penerimaan murid baru, ada orang tua yang keberatan dengan adanya pungutan komite, karena merasa tidak mampu membayar. Kaka melakukan aduan, begitu pun dengan pelayanan kesehatan," katanya. 

"SLRT Nurani ini adalah layanan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial untuk mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan sehingga semua keluhan dapat di tangani dengan baik dan cepat karena kita menggunakan sistem online semuanya terkoneksi," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru