Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3.279 Masyarakat Barito Timur Menerima Bantuan Pangan Non Tunai

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 04 September 2019 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Mulai September 2019 ini sebanyak 3.279 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Barito Timur mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT) dari pemerintah. Sebelumnya mereka ini menerima bantuan sosial (Bansos) berupa beras sejahtera (Rastra).

"Ke depan Rastra disalurkan langsung berupa barang tidak bisa lagi secara tunai," ucap  Pelaksana Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, Santai Nyawit, Rabu 4 September 2019.

Dijelaskan bantuan belanja non tunai per bulan yang diterima KPM sebesar Rp 110 ribu yang dibelanjakan dalam bentuk beras dan telur. Dana bantuan tidak boleh dibelanjakan kepada barang yang lain atau ditarik tunai.

"Dalam program BPNT ini pemerintah bekerja sama dengan Bank Mandiri sebagai mitra penyalur. Untuk penentuan agen tempat belanja non tunai KPM sepenuhnya menjadi tanggung jawab Bank Mandiri," sebutnya.

Dengan peralihan Rastra ke BPNT, selain sosialisasi yang akan dilaksanakan, pihaknya juga berharap kerja sama semua pihak terutama yang bersentuhan dengan KPM warga miskin seperti pendamping sosial, pemerintah kecamatan dan kades atau lurah agar membantu menyebarkan informasi ini.

"Kita harapkan bantuan pihak terkait dalam melakukan sosialisasi ini agar masyarakat penerima BPNT tidak salah dalam pengertiannya," pungkasnya. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru