Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Damkar dan BPBD Kotawaringin Barat Harus Bolak-Balik ke Sejumlah Tempat Padamkan Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 September 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di sejumlah lokasi berbeda pada Rabu, 4 September 2019, membuat petugas Damkar dan BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), harus bolak-baik ke beberapa tempat untuk memadamkan api.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni menuturkan, pihaknya sejak pukul 10.40 WIB menerima 3 laporan karhutla di 3 lokasi berbeda. Yakni di Gang Mihau, Kelurahan Baru, di dekat BTN Sei Tatas, Kelurahan Baru dan di belakang Kantor Kecamatan Kumai.

"Menindaklanjuti laporan tersebut, kita menurunkan beberapa unit mobil damkar. Untuk di lokasi RT 30, Gang Mihau dan dekat BTN Sei Tatas, kami mengerahkan 2 unit mobil damkar dengan 10 petugas," ujarnya.

Untuk karhutla di belakang Kantor Kecamatan Kumai, pihaknya menurunkan 1 unit mobil damkar dengan 6 petugas.

"Karhutla di belakang Kantor Kecamatan Kumai jelang tengah hari sudah berhasil dipadamkan. Namun, beberapa saat setelah petugas damkar selesai melaksanakan tugas, pukul 13.16, kami mendapat laporan adanya karhutla dekat permukiman di RT 12, Desa Sungai Sintuk," lanjut Majerum.

Lantaran adanya laporan tersebut, unit damkar yang baru selesai memadamkan api di belakang Kantor Kecamatan Kumai segera bergabung dengan anggota BPBD Kobar yang sudah beraksi memadamkan api.

"Saat kita memadamkan api di Sungai Sintuk, lagi-lagi kita mendapat laporan bahwa ada karhutla di Jalan Natai, Desa Kubu, dekat kandang ayam milik warga. Untuk melakukan pemadaman, petugas damkar kemudian berkoordinasi dengan BPBD yang sudah meluncur terlebih dahulu ke lokasi."

"Sekedar informasi karhuta di Gang Mihau hingga pukul 14.00 masih belum berhasil dipadamkan. Saat ini upaya pemadaman terus dilakukan," sebut Majerum. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru