MAN Kapuas Ditunjuk Jadi Pilot Project Sekolah Siaga Kependudukan oleh BKKBN Kalteng

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 September 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - MAN Kapuas yang terletak di Jalan Keruing, Kota Kuala Kapuas, ditunjuk dan diresmikam menjadi pilot project Sekolah Siaga Kependudukan atau SSK oleh BKKBN Kalteng.

Terkait itu, Kepala Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni mengatakan, sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas penujukan tersebut. Ia berharap, program itu dapat menjadi ikon di wilayah Kota Kuala Kapuas khususnya. 

“Apalagi selama ini sekolah dianggap satu-satunya agen perubahan secara formal di Indonesia. Dengan digulirkannya program SSK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik," ucap Ahmad Bahruni kepada wartawan, Rabu, 4 September 2019.

Menurut dia, khususnya pada bidang kependudukan, sehingga siap menghadapi tantangan yang cukup berat dimasa yang akan datang.

“Indonesia saat ini telah memasuki fenomena kependudukan yang disebut bonus demografi. Tidak dipungkiri, bonus demografi ialah hasil dari upaya menurunkan angka Total Fertility Rate melalui program keluarga berencana," tuturnya.

"Jika dimanfaatkan dengan optimal, bonus demografi dapat memacu pertumbuhan ekonomi, yang dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala MAN Kapuas Sriyadi menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga atas penunjukan sekolahnya sebagai SSK di Kota Kapuas.

"Untuk itu kami akan berupaya dengan segenap sumber daya yang ada berkaitan dengan program BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah. Sekalipun dengan sarana prasana masih terbatas seperti perangkat yang berkaitan dengan program yang dijalankan BKKBN."

“Untuk itu, ke depan pihak BKKBN kiranya dapat membantu secara berkelanjutan," harap Sriyadi. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru