Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Konsumsi Ikan di Kotawaringin Timur Masih di Bawah Rata-rata Nasional

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 September 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih di bawah angka rata-rata nasional. Bahkan perbedaannya mencapai 5,68 kilogram per kapita per tahun. 

"Saat ini, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kotim masih di bawah tingkat konsumsi ikan nasional tahun 2018," kata Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto, usai lomba masak serba ikan, Rabu, 4 September 2019. 

Dia menerangkan, tingkat konsumsi ikan nasional pada 2017 lalu sebesar 47,34 kg/kapita/tahun. Mengalami peningkatan pada 2018 hingga 50,69 kg/kapita/tahun. 

Sedangkan tingkat konsumsi ikan di Kotim pada 2017 yakni 42,50 kg/kapita/tahun. Dan mengalami peningkatan pada 2018 sebesar 45,1 kg/kapita/tahun. Pihaknya terus mendorong agar tingkat konsumsi ikan masayarakat meningkat signifikan pada 2019 ini. 

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan konsumsi ikan di daerah ini, dan mudah-mudahan hal tersebut bisa tercapai nantinya," kata Herianto. 

Upaya yang telah dilakukan tersebut di antaranya melalui imbauan dan penyuluhan terhadap kelompok-kelompok pembudidaya perikanan, nelayan, dan masyarakat. Selain itu juga ada lomba masak serba ikan, lomba menangkap ikan, dan lomba mewarnai gambar ikan. Bahkan makan ikan bersama. 

"Kami juga meminta kepada orangtua agar selalu berinovasi dalam memasak ikan. Sehingga anak-anak semakin gemar untuk makan ikan," harap Herianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru